LAMR Keluarkan Himbauan Tunjuk Anak Jati Melayu Jadi Pucuk Pimpinan DPRD Dumai, Akankah Didengar Parpol Pemenang? -->

News

LAMR Keluarkan Himbauan Tunjuk Anak Jati Melayu Jadi Pucuk Pimpinan DPRD Dumai, Akankah Didengar Parpol Pemenang?

Jumat, 13 September 2024, 12:15 AM

Foto bersama 35 Anggota DPRD Dumai pasca dilantik, Selasa (3/9/2024) lalu (Foto: Ist) 


ONLINERIAU.COM - Sejak dilaksanakan pelantikan 35 Anggota DPRD Kota Dumai masa bhakti 2024 - 2029, Selasa (3/9/2024) lalu, terkait siapa yang akan mengisi posisi pucuk pimpinan Legislatif ini jadi perbincangan hangat diberbagai kalangan. 


Seperti dilansir Dumaiposnews.com, Ketua Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Drs H Zamhur Egap MM berharap dan mengimbau partai pemenang menunjukkan anak jati Melayu Dumai menjadi unsur pimpinan di DPRD Kota Dumai.


“Kita mengimbau partai pemenang meletakkan atau menunjuk anak jati Melayu Dumai menjadi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Dumai. Mengapa begitu, karena mereka adalah simbol daerah ini,” kata Datuk Zamhur Egap, Rabu (11/9/2024).


Latar belakang himbauan ini disampaikan, karena LAMR bertanggungjawab terkait jati diri daerah. Atas kesadaran itulah, dirinya bersama pengurus LAMR Dumai bersepakat untuk menyampaikan himbauan terkait unsur pimpinan di DPRD.


“Perlu kita sadari bahwa unsur-unsur pimpinan di Kota Dumai ini merupakan bagian dari simbol daerah, khususnya negeri Melayu ini,” jelas Ketua LAMR Dumai. 


Diketahui, ada tiga partai politik yang akan mengisi pucuk Pimpinan DPRD Dumai yakni Partai NasDem, PDIP dan Partai Gerindra. Siapa yang akan diutus dari masing masing Fraksi atau partai politik, sudah berhembus kabar angin. 


Dalam pelantikan saat itu, Agus Miswandi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) ditunjuk sebagai pimpinan sementara DPRD Kota Dumai, dengan Bahari dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai wakil ketua sementara. 


Dilain sisi, Pemerhati Sosial Irwan mencoba membaca ada keinginan Ketua LAMR Zamhur Egap ini untuk menunjuk anak jati Melayu Dumai menjadi unsur pimpinan di DPRD Dumai. Walaupun hanya sebuah harapan dan berupa himbauan, namun semua kembali kepada keputusan partai politik pemenang. 


"Walaupun Ketua LAMR Dumai tak sebut nama, tapi mungkin sebagian kalangan publik sudah bisa dapat menebak siapa yang dimaksud," ujar Irwan berpendapat.


Prediksi nama - nama yang akan menduduki kursi pimpinan DPRD Dumai 2024 - 2029, dugaan Irwan hanya Bahari dari PDIP sesuai harapan LAMR Dumai. Dari NasDem, dugaan besar kemungkinan Agus Miswandi dan dari Gerindra, Johannes MP Tetelepta, diduga bukan anak watan melayu yang dimaksud Datuk Zamhur Egap. 


Menurut Irwan, jika harapan atau himbauan yang dimaksud Ketua LAMR Dumai ini, dari NasDem dugaan mengarah antara Yusman dan Jufrida. Dari Gerindra, dugaan besar kemungkinan Agus Susanto yang dimaksud. 


"Intinya semua kembali kepada keputusan politik masing masing parpol pemenang," tukasnya.


Selanjutnya, Irwan menambahkan saat memasuki perhelatan Pilkada Serentak 2024, posisi pucuk pimpinan DPRD ini dianggap memiliki peran penting kemenangan bagi kandidat yang akan bertarung.


Saat dikonfirmasi Sekretaris DPRD Dumai Hadiyono, Kamis (12/9/2024), menyampaikan bahwa hal ini masih dalam proses penyusunan dan seraya menunggu dari parpol terkait usulan nama pucuk pimpinan. 


"Masih dalam proses dan menunggu dari parpol dan saat ini Fraksi DPRD juga belum terbentuk," jawab Hadiyono via pesan WhatsApp. 


Posisi urutan parpol pemenang Pemilu Legislatif 2024 yakni dari NasDem, ada Agus Miswandi, Sutrisno, Kenda Guntara, Sudiran, Jufrida dan Yusman. Untuk posisi kedua dari PDIP, yakni Gusri Effendy, Parluhutan Harianja, Andy Putra Silitongga, M Dochlas Manurung, Yohannes Orlando dan Bahari. 


Terakhir, posisi ketiga dari Gerindra ada Johannnes MP Tetelepta, Idrus, Yuhandri, Junjung Mangatas dan Agus Susanto. (*) 


Penulis: Edriwan






TerPopuler