Antisipasi Kasus DBD, Dinkes Dumai Gelar Roadshow 7 Kecamatan -->

News

Antisipasi Kasus DBD, Dinkes Dumai Gelar Roadshow 7 Kecamatan

Selasa, 04 Juni 2024, 9:04 PM



ONLINERIAU.COM - Dalam rangka mengantisipasi peningkatan kasus DBD dan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), maka Dinas Kesehatan Kota Dumai  melaksanakan roadshow 7 kecamatan untuk  mensosialisasikan pencegahan, Selasa (4/6/2024).


Kepala Dinas Kesehatan dr.Syaiful, MKM sebagai salah satu narasumber menghimbau dalam pengendalian DBD point terpenting adalah dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). 


"Mulailah melaksanakan di rumah masing-masing dengan 3 M Plus yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang barang bekas/tidak terpakai," kata Kadinkes Dumai menyampaikan.


Selanjutnya kata dr Syaiful, upaya pencegahan untuk memakai kelambu, losion anti nyamuk, menghindari baju bergantungan, memelihara ikan pemakan jentik dan menanam tumbuhan pengusir nyamuk.


Sedangkan untuk pencegahan penyakit tidak menular mulailah dengan penyakit tidak menular mulailah dengan melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan mengukur tensi minimal 1 tahun sekali. 


"Akan tetapi jika diagnosanya sudah menjadi Diabetes Melitus (DM) dan hipertensi, maka penderita harus melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan," tukas Kadinkes Dumai ini menyerukan. (Adv)





TerPopuler